Kamis, 31 Januari 2019

WA, Grup Sebelah, dan Pentingnya Verifikasi



“Grup sebelah”. Inilah "kantor berita" paling tidak kredibel di dunia. Tidak ada redaksi, tidak punya kantor, upaya verifikasi sepenuhnya diserahkan kepada audiens. Lebih berbahaya lagi karena "kantor berita" ini punya agen yang begitu banyak jumlahnya. Kalau Anda mendapat info dari kantor berita “Grup Sebelah” (dan dari mana pun, sebenarnya), lakukan langkah seperti dalam gambar berikut untuk memastikan bahwa informasi yang Anda dapat bukanlah berita bohong.
Cara Mengenali Fake News:
1. Perhatikan sumbernya. Cari tahu siapa sumber yang menulis dan/atau dikutip. Apa afiliasinya? Apakah kontak dan identitasnya jelas? Bila sumbernya saja tidak jelas, ya wassalam. Tidak usah dilanjutkan membacanya, apalagi sampai mempercayainya.
2. Cek penulisnya. Cari informasi dan rekam jejak penulisnya. Apakah ia sosok nyata? Apakah ia kredibel? Apakah ia layak untuk berbicara tentang topik yang dimaksud?


3. Cek tanggal. Apakah ini berita baru atau berita lama yang disiarkan ulang? Ada informasi yang timeless, tetap relevan kapan pun. Bahwa kemerdekaan Indonesia itu diproklamasikan Bung Karno dan Bung Hatta pada 17 Agustus 1945, itu informasi yang timeless. Namun, ada juga informasi yang berbatas waktu. Informasi tentang beasiswa atau bukaan lowongan pegawai negeri sipil, misalnya. Begitu batas akhir masa pendaftaran terlewati, informasi itu tak lagi berguna.
4. Periksa bias kita sendiri. Masing-masing individu memiliki bias, baik karena identitasnya (agamanya, etnisnya, dll), kelompok sosialnya, afiliasi politik, dan harapan-harapannya. Pastikan bias ini tidak terlalu mempengaruhi penilaian kita terhadap berita yang sedang kita kaji.
5. Baca kseluruhan berita. Jangan hanya judul. Di masa kini banyak situs mengandalkan click bait. Mereka membuat judul-judul heboh agar orang tertarik membacanya, tapi ternyata isinya sama sekali tidak seperti judulnya.
6. Adakah sumber pendukungnya? Bila ada, coba klik sumber-sumber tersebut dan nilailah kredibilitasnya. Apakah sumber-sumber ini memperkuat isi artikel?
7. Apakah artikel ini hanya candaan saja? Bila suatu artikel atau tulisan terlihat terlalu aneh, terlalu berani, terlalu tidak masuk akal, jangan-jangan itu cuma satir? Cuma guyonan? Kalau benar demikian, ya jangan ditanggapi terlalu serius dong. Senyumin saja.
8. Tanyalah ahlinya. Ahli ini bisa pustakawan, situs-situs pemeriksa fakta, dan orang yang dikenal kredibel dan paham di bidang yang sedang dibahas.

sumber ilustrasi: http://easytechtools.com/fix-ms-outlook-error-0x800ccc0e/; https://tgstat.com/channel/@darigrupsebelah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar